Sejarah singkat Dinas Perdagangan Kab. Lahat

SEJARAH SINGKAT DINAS PERDAGANGAN KABUPATEN LAHAT

           Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat merupakan organisasi yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Bupati Lahat, dibentuk oleh Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Lahat Nomor 16 Tahun 2008 sebagaimana telah dirubah dengan Peraturan Daerah (PERDA) Nomor 21 Tahun 2002 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lahat. Sejak Tahun 2017 ada perubahan Nomenklatur berdasarkan Peraturan Bupati Lahat Nomor : 66 Tahun 2016 Tentang Nomenklatur susunan Organisasi, dan Uraian Tugas Masing – masing Jabatan Struktural di Lingkungan dinas Perdagangan.  Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat berubah namanya menjadi Dinas Perdagangan dan bergabung dengan bidang pengelolaan Pasar dari Dinas Pengelolaan Pasar Pertamanan Kebersihan dan Keindahan Kota Kabupaten Lahat. Dengan adanya penyesuaian dan perubahan kondisi yang ada maka dipandang perlu untuk melakukan Review Rencana Strategis Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat Tahun 2014 – 2018. Dengan adanya review renstra ini, diharapkan indikator capaian program dan kegiatan dapat lebih tajam, terukur dan berkelanjutan serta sejalan dengan implementasi dan pencapaian visi misi Kabupaten Lahat yang merupakan instansi tehnis yang membina sektor ekonomi yaitu Sektor Industri Perdagangan dan Pengelolaan Pasar.

            Dinas Perdagangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam menggerakkan roda perekonomian terutama pada sektor perdagangan  pada tahun 2016 mencapai 12,87 persen dari total Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan pada sektor industri 6,95 persen. Bila kita melihat potensi sumber daya yang dimiliki kabupaten lahat sangat dimungkinkan kontribusi  kedua sektor ini lebih ditingkatkan lagi. Dalam mengantisipasi perkembangan pembangunan ekonomi Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan,  sektor Industri dan Perdagangan tetap menjadi tumpuan dalam peningkatan   pendapatan   nasional maupun regional.   Keberhasilan  sektor  ini  memerlukan  dukungan  sektor lainnya, disamping  peningkatan kegiatan yang terkoordinasi dengan baik, seperti pemasaran produk dalam negeri dan ekspor. Daya saing industri dan perdagangan, sehingga dapat terjamin kelancaran arus barang dan jasa, terpenuhinya kebutuhan pokok rakyat, terbentuknya harga yang wajar serta terhindar dari ekonomi biaya tinggi, dan yang terpenting adalah upaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dari sektor industri dan perdagangan. Kebijaksanaan   pembangunan   dan   pengembangan   Industri   dan   Perdagangan Kabupaten Lahat bertitik tolak pada arahan kebijaksanaan strategi pembangunan dan pengembangan Industri dan Perdagangan Nasional serta bertumpu pada arahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lahat dengan memperhatikan lingkungan strategis regional.

             Strategi untuk meningkatkan kontribusi sektor industri dan perdagangan terhadap PDRB Kabupaten lahat tersebut meliputi upaya pembinaan dan pengembangan potensi Industri dan Perdagangan yang sudah ada, penciptaan wirausaha-wirausaha baru serta menumbuh kembangkan industri - industri baru yang ramah lingkungan, peningkatan dan pemantapan perdagangan serta pengendalian tingkat inflasi dan peningkatan ekspor non migas, mengendalikan impor untuk melindungi industri dalam negeri dan mendukung produk dalam negeri. Rencana strategis ini juga merupakan proses yang berkelanjutan, oleh karena itu agar mampu dan responsive  terhadap  perkembangan  situasi  yang  sangat  dinamis,baikdalamaspek kenegaraan, politik ekonomi maupun social budaya, maka secara periodik perlu diupayakan untuk dilakukan  review dan jika perlu  dilakukan revisi baik secara parsial maupun menyeluruh.